SM-IAGI

SEJARAH

Dipelopori oleh pengurus pusat IAGI (Ikatan Ahli Geologi Indonesia) dengan tujuan utama membentuk sistem regenerasi yang kokoh dan berkelanjutan pada tingkat kemahasiswaan, SM-IAGI Undip (Seksi Mahasiswa Ikatan Ahli Geologi Indonesia) diresmikan pada tanggal 23 Maret 2013 oleh Sekjen IAGI, Bapak Seno Aji, di Semarang, Jawa Tengah.

SM-IAGI Undip dalam IAGI dikoordinatori oleh FGMI (Forum Geosaintis Muda Indonesia). Dalam susunan organisasi SM-IAGI Undip, organisasi yang tergolong komunitas di bawah Himpunan Mahasiswa Teknik Geologi Magmadipa Universitas Diponegoro ini memiliki pembimbing universitas yaitu Bapak Ir. Prakosa Rachwibowo, MS dan pembimbing professional dari FGMI yaitu Prihatin Tri  Setyobudi, S.T. (alumni Teknik Geologi Undip angkatan 2006).

SM-IAGI Undip pada awal berdirinya dipelopori oleh empat orang pemuda, yaitu Reza Permadi (ketua SM-IAGI Undip periode 2013-2014), Rosdian Arief (wakil ketua SM-IAGI Undip periode 2013-2014), Samuel Richard Natanael Simorangkir (sekretaris I SM-IAGI Undip periode 2013-2014) dan Mohammad Bimo Prabowo (bendahara I SM-IAGI Undip periode 2013-2014). Saat ini SM-IAGI Undip memiliki lima divisi (terdiri dari divisi Pendidikan dan Penelitian, Relasi dan Kerjasama, Kesehatan dan Keselamatan Kerja, Media dan Komunikasi, serta divisi Keanggotaan) dengan jumlah anggota sebanyak 26 mahasiswa pada periode kepengurusan 2013/2014.

Seiring berjalannya waktu, periode kepengurusan 2013-2014 telah berakhir. Berdasarkan pemilihan berbentuk musyawarah dan bersifat kekeluargaan yang dihadiri oleh anggota SM IAGI Undip, terpilihlah Edi Kurniawan sebagai ketua SM IAGI Undip yang akan memimpin perjalanan  komunitas ini untuk semakin aktif dan inovatif dalam berkarya nyata dalam upaya pembangunan nasional meliputi ekstraksi, konservasi dan mitigasi yang berhubungan dengan geologi di Indonesia.

VISI DAN MISI

Visi SM-IAGI Undip

“Sebagai wadah generasi muda di kalangan mahasiswa kebumian untuk mengajukan, mengusahakan dan menjalankan perannya demi kedaulatan dan kesejahteraan Bangsadan Tanah Air Indonesia. Serta menjadi SDM yang memiliki kapabilitas untuk dapat bersaing di dunia global.”

Misi SM-IAGI Undip

Menjadi bentuk kaderisasi IAGI yang dimulai dari tingkat kemahasiswaan yang kemudian akan dilanjutkan keprofesional muda.

Turut berperan aktif dalam pembangunan nasional meliputi ekstraksi, konservasi dan mitigasi yang berhubungan dengan geologi di Indonesia.

Memperjuangkan kepentingan dan kemajuan Ilmu Geologi dalam arti seluas-luasnya dengan tidak melanggar undang-undang Negara atau mengganggu ketertiban umum demi kepentingan dan kesejahteraan bangsa Indonesia.

Memupuk ikatan kekeluargaan diantara para anggotanya dan saling hormat menghormati serta mewujudkan kerjasama dalam semangat kesatuan dan persaudaraan.