SM-MGEI

            Indonesia sebagai negara yang menghasilkan sumberdaya mineral yang besar telah berlomba lomba dengan negara-negara maju lainnya untuk menggembangkan penggelolahan sumberdaya mineral yang bertanggung jawab demi menjaga kelestarian lingkungan, keselamatan kerja, dan praktek praktek terbaik. Dan ilmu geologi merupakan cabang ilmu yang mempelajari tentang segala hal yang berkaitan dengan bumi baik karaktreristik, sifat, maupun sumber-sumber geologi yang ada pada bumi. Ilmu Geologi juga sangat berkaitan dengan problema ilmu pertambangan khususnya mengenai mineral ekonomis dan batubara. Dengan perkembangan ilmu geologi yang maju dan meningkat tiap tahunnya, hal ini menumbuhkan keinginan pada para akademisi profesional untuk ikut berperan didalam dunia pendidikan, salah satunya adalah membentuk forum mahasiswa yang bergerak di bidang profesi. Dimana hal ini diwujudkan dengan pencetusan SM MGEI sebagai organisasi kemahasiswaan yang bergerak dibidang eksplorasi mineral ekonomis dan batubara di bawah induk organisasi Masyarakat Geologi Ekonomi Indonesia.

Pada bulan Januari 2013 berdasarkan edaran elektronik maupun cetak dari MGEI pusat, diusulkan tentang adanya pendirian SM MGEI di tiap universitas di Indonesia. Hal ini ditanggapi langsung oleh HMTG ”Magmadipa” sebagai upaya partisipasi Universitas Diponegoro untuk menunjukkan ada keterkaitan antara dunia professional dan mahasiswa. Partisipasi itu akan menjadi bukti bahwa Teknik Geologi Universitas Diponegoro adalah salah satu Teknik Geologi di Indonesia yang selalu eksis didalam mengikuti organisasi kemahasiswaan berbasis profesi dan meningkatkan informasi akademik dibidang mineral ekonomis dan batubara di Indonesia.

Berdirinya SM MGEI UNDIP ini akan ditandai dengan peresmian yang akan dilaksanakan pada Kamis, 18 April 2013, bertempat di Program Studi Teknik Geologi Universitas Diponegoro, tepatnya di Gedung Pertamina Sukawati. Acara akan dimulai pukul 15.00 WIB sampai dengan selesai. Peresmian ini terbuka untuk masyarakat umum, namun dengan kuota terbatas. Peresmian ini diharapkan dapat sebagai sarana memperkenalkan SM MGEI UNDIP pada khususnya dan MGEI pada umumnya kepada masyarakat sehingga manfaatnya diharapkan dapat langsung dirasakan.  Selain itu juga diharapkan dapat sebagai batu loncatan dan langkah awal yang memacu semangat untuk senantiasa berkembang.